Minggu, 09 Desember 2012

INTRODUCTION TO OVERCLOCKING





Domisili Kalimalang, Kampus J1 (Sabtu, 24 November 2012)
Seminar
Di pagi hari yang cerah, suasana di ruang Auditorium gedung J1 Universitas Gunadarma Kalimalang sudah dipadati oleh aktivitas dari mahasiswa –  mahasiswi BEM FIKTI (Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi). Mereka dari jam setengah 7 pagi sudah berkumpul ditempat tersebut untuk mempersiapkan acara yang akan berlangsung pada pukul setengah 9 pagi. Bagaimana ruangan tersebut ditata sedemikian rapi oleh mereka, dan mematangkan persiapan yang sudah dilakukan jauh – jauh hari.

Yaa, hari itu Sabtu 24 November 2012 BEM FIKTI Universitas Gunadarma akan melaksanakan Seminar&Workshop Overclocking. Acara yang disponsori oleh MSI serta komunitas Jagad Review tersebut mengambil Tema “Introduction Of Overclocking”. Pembicara dalam acara ini adalah Alva Jonathan, beliau merupakan juara dunia MOA 2008 (MOA = Master Overclocking Arena). Acara pada hari tersebut dibagi dua sesi, dimana sesi pagi merupakan seminar lalu sesi kedua merupakan workshop.

Seminar dimulai dari pukul setengah 9 pagi, dengan dibuka oleh MC acara yaitu Handoko Ismanto (Sekretaris 2 BEM FIKTI, domisili Kalimalang). MC pada awal acara membacakan susunan acara yang akan berlangsung dari setengah 9 pagi hingga pukul 12 siang. Dimana pada jam 12 acara akan berhenti sejenak untuk isoma (istirahat, solat dan makan), setelah itu pada pukul 1 siang akan dilanjutkan dengan Workshop Overclocking.

Setelah MC membacakan susunan acara, ada kata 3 kata sambutan pada acara ini. Sambutan pertama berasal dari Ketua BEM FIKTI periode 2012 – 2013 yaitu Nurul Anggraeni Shinta Ilahi, lalu sambutan kedua dari Nosha Gusti Nugraha selaku ketua pelaksana dan yang terakhir dari Ibu Marliza Ganefi S.KOM., M.M.S.I. selaku Pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Selesainya kata sambutan, maka MC pun mempersilahkan pembicara yaitu Alva Jonathan untuk langsung memberikan materi.

Sebagai pembukaan materi, beliau lalu memutarkan video pada kejuaraan MOA 2012. Pemutaran video ini membuka gambaran bagaimana kejuaraan tingkat dunia Overclocking dilaksanakan, dalam video ini juga terdapat kakak Alva yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Selesainya video diputar, kakak Alva lalu memberikan materi yang disajikan dalam bentuk Presentation PowerPoint Text (PPT) Microsoft Office yang ditampilkan dilayar.

Dalam materi yang diberikan, kakak Alva menjelaskan dasar dari Overclocking. Beliau menjelaskan sebenarnya apa itu overclocking, dan tidak semua komponen dalam komputer bisa di overclocking. Overclocking secara arti merupakan menaikan kecepatan komputer melebihi ambang batas yang diberikan oleh pabrikan. Sehingga setelah dilakukan overclock, kecepatan komputer naik melebihi standar pabrikan. lalu beliau menjelaskan bahwa hanya komponen pada komputer yang mempunyai clockspeed yang bisa di overclocking. Contoh dari komponen ini adalah, VGA, RAM serta CPU (Processor). Dulu dalam overclocking, hanya RAM saja yang di overclocking, tetapi dalam perkembangan jaman VGA juga dibutuhkan untuk dilakukan overclocking.

Setelah itu,  beliau menjelaskan bagaimana overclocking di Indonesia bisa berkembang. Awalnya, overclocking itu berawal dari sebuah hobi. Dimana dulu overclocking itu lebih dikenal orang dengan nama ngoprek. Adanya overclocking juga disebabkan karena kebutuhan pengguna yang ingin mempunyai komputer dengan kecepatan yang lebih cepat dibanding yang ada. Beliau juga menjelaskan, dulu beliau berawal dari hobi mengutak – atik komputer. Beliau juga bercerita pengalamannya yang hobi main game.

Kakak Alva memberikan penjelasan materi secara lugas, tepat dan diselingin oleh candaan sehingga pembawaan materi tidak membosankan para peserta seminar. Dalam memberikan materi, beliau juga tidak seakan – akan menggurui tetapi seperti menceritakan pengalaman yang dia punya dalam dunia Overclocking. Oiia...dalam seminar ini setiap peserta juga mendapatkan modul yang berisi bahan materi dalam seminar sehingga dapat dibawa pulang dan dipelajarin.

Menjelang akhir acara seminar, ada pengenalan komunitas yang ada di Gunadarma yaitu GOCT ( Gunadarma Overclocking Team). Komunitas yang diketuai oleh Reno Gutama itu mempresentasikan anggota – anggota GOCT beserta prestasi – prestasi yang telah diraih anggotanya. Dalam acara seminar ini juga diadakan open recruitment untuk bisa masuk ke dalam komunitas ini.

Setelah itu, ada pembagian hadiah kepada para peserta yang bertanya kepada kakak Alva mengenai Overclocking. Hadian diberikan kepada 3 penanya. Selain kepada penanya, MC juga memberikan hadiah kepada peserta yang menyimak dengan baik acara seminar dari awal acara. Hingga akhirnya, seminar ditutup pukul 12 siang dan akan dilanjutkan dengan workshop yang akan berlangsung pukul 1 siang.
Demikian laporan mengenai jalannya seminar Overclocking BEM FIKTI Universitas Gunadarma ....... J
Selanjutnya adalah laporan jalannya Workshop Overclocking, tetap stay ini yaa J




Domisili Depok, Kampus D (Selasa, 27 November 2012) 
Seminar dan workshop
Seminar dan Workshop Introduce To Overclocking 27 November 2012 mendapatkan respond baik dari kalangan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Dan Teknik Komputer tiket seminar dengan kuota 200 orang terjual habis dalam seling waktu 2 jam. Pada saat pendaftaran ulang seminar dan workshop banyak mahasiswa yang datang sangat pagi sekali untuk daftar ulang antusias mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Dan Teknik Komputer sangatlah tinggi untuk mengikuti acara seminar dan workshop introduce to overclocking.

                pada saat seminar dan workshop dimulai dengan saat atraktif dengan menunjukan video MOA (Master Overclocking Arena) 2008 dimana sang pembicara memenangkan ajang tersebut, nama sang pembicara ialah Alva Jonathan pemenang MOA 2008 perjalanan seminar sangatlah atraktif dan tidak membosankan dimana sang pembicara tidak hanya menjelaskan teori tentang overclocking saja namun juga menunjukan screenshot dan demo overclocking.

                Ketika perjalanan memberi teori menjelang akhir berikutnya adalah sesi tanya jawab dimana pada saat sesi tanya jawab ini sangatlah interaktif dimana sang pembicara dan audience saling timbal balik, dan sebagai apresiasi bagi para audience yang bertanya kepada pembicara maka MSI dan Panitia memberikan sebuah hadiah yaitu berupa baju dan binder.


Kemudian saatnya bagi para GOCT (Gunadarma Overclocking Team ) untuk memperkenalkan diri kepada peserta seminar dengan pembicara Fajar Martin R, dimulai dengan awal GOCT mulai dibentuk, Visi dan Misi dan Prestasi yang pernah diaraih oleh para anggota GOCT beserta menyampaikan open recruitment bagi para peserta/mahasiswa yang ingin mendaftar berita ini juga disambut baik oleh para peserta.
Seminar Introduce To Overclocking berakhir sekarang saatnya Workshop Introduce To Overclocking dimana 36 peserta dapat melakukan overclocking secara langsung dengan alat yang sudah disediakan oleh pihak MSI sebagai sponsor, para peserta sangat bersemangat dalam melakukan overclocking dimana sang pembicara memberikan waktu 30 menit untuk peserta berlomba-lomba dalam melakukan overclocking. Diseling waktu lomba overclocking MSI membagikan sebuah hadiah kepada peserta dengan syarat peserta harus menjawab pertanyaan dari MSI.

                30 menit sudah berakhir dalam lomba overclocking sebagai hadiah pemenang kepada peserta dengan high score 9,4 dalam Bencmark 2005 peserta diberi hadian berupa Tas dari MSI. Setelah pemberian hadiah kepada peserta sekarang pemberian Door Prize dari MSI kepada peserta dimana proses Door Prize ini di undi dari Quitioner dari panitia yang dibagian kepada peserta pengundian pertama di ambil oleh pembicara Alva Jonathan dam pengundian kedua di ambil oleh partner pembicara Jesey terpilihlah 2 orang yang beruntung untuk mendapatkan DoorPrize dari MSI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar